Urang Sunda

Dulur nu di lemur,baraya nu di kota,hayu urang ngamumule budaya sunda..

Pages

Sabtu, 06 Desember 2014

Ahmad Nu`man, Arsitek Puluhan Masjid

 
Liputan6.com, Bandung: Sejatinya, seorang arsitek dapat merancang bangunan apa saja yang diinginkan. Tetapi tidak demikian dengan Ahmad Nu`man. Kiprahnya di dunia arsitektur justru dikenal melalui sejumlah masjid yang tersebar di Indonesia. Bahkan arsitek lulusan Institut Teknologi Bandung tahun 1958 ini merancang Masjid Raya Bosnia pada 1997. Dalam membuat masjid, Nu`man selalu berpegang teguh dengan ajaran Islam. Nu`man mengaku bakat merancang bangunan ditularkan sang ayah. Rancangan Nu`man bisa dilihat di berbagai masjid di Tanah Air seperti Masjid Salman ITB, Masjid Raya Batam, Makassar, Bontang, Kalimantan Timur, dan Masjid At-tin Jakarta.
Masjid Salman menyimpan kenangan tersendiri bagi Nu`man. Selain karena merupakan almamaternya, pembangunan Masjid Salman termasuk lama yaitu selama 10 tahun. Tak heran, Nu`man masih sering shalat di masjid tersebut.
Nu`man kini telah berusia 82 tahun. Pekerjaannya sudah dilimpahkan ke putra ketiganya melalui perusahaan yang didirikannya. Tetapi kakek dari delapan cucu ini tak mundur total dari bidang yang membesarkan namanya Dia masih sering memberi masukan. Ibarat kilau mutiara yang tak pernah padam oleh waktu.
Nu`man berharap masjid yang rancangannya tak hanya megah secara fisik namun juga dapat digunakan sebaik-baiknya sesuai dengan ajaran Islam. Sehingga masjid-masjid tersebut tak jadi mubazir.(TOZ/Tim Liputan 6 SCTV)

sumber

0 komentar:

Posting Komentar